Pantai Losari, Pantai Nan Elok di Kota Makassar

"ROAD 2 MAKASSAR"
- Visit Makassar 2011 -

6-9 Maret 2011

Tak lengkap rasanya kalau ke Kota Makassar tidak singgah di Pantai Losari. Siapa yang tidak kenal pantai losari? kebanyakan orang kalau sebut Kota Makassar pasti ingatannya akan tertuju ke pantai yang pernah dijuluki restoran terpanjang di asia ini, apa sebenarnya pesona yang di miliki oleh pantai kebanggaan orang Makassar ini, apalagi kalau bukan sang mentari yang terbenam disore hari yang merupakan daya tarik utama orang datang ke pantai Losari ini. Konon, Pantai Losari memiliki panorama sunset terindah di dunia. Benarkah? Datang dan alamilah sendiri. Yang jelas, setiap sore hari ratusan orang sengaja datang untuk menyaksikan panorama matahari merah seperti tenggelam ke dalam lautan. Jadi jangan lewatkan Sunset di Pantai Losari. Pantai Losari adalah waterfront-nya Kota Makassar. Berbentuk garis pantai sepanjang kurang lebih satu kilometer dan merupakan ruang publik yang bisa diakses oleh siapa saja. S aat ini Pemerintah Kota Makassar melakukan revitalisasi pantai losari yang bertujuan membuat Pantai Losari menjadi Indah dan alternatif obyek wisata yang nyaman di Kota angingmammiri ini, namun kita berharap revitalisasi ini tidak merusak alam sehingga ekosistem laut tetap terjaga, dan kita bisa lihat hasilnya anjungan yang pertama telah rampung dan saat ini Makassar telah menikmatinya.




Di pantai ini terdapat sebuah anjungan bernama Pelataran Bahari. Berbentuk setengah lingkaran dengan luas hampir satu hektare. Menyerupai plasa dengan lantai yang bersih. Cukup leluasa bagi anak-anak untuk bermain dan berlari-larian. Sementara para orangtua dan remaja duduk di bangku-bangku beton menikmati semilir angin laut. Dari tempat itu pula pandangan bebas ke laut lepas. Memandang matahari berwarna kemerahan menyala perlahan tenggelam di garis ufuk. Pantulan sinarnya juga menciptakan kemilau di permukaan air laut.

Jika langit cerah, pemandangan itu sungguh sempurna. Pelataran itu juga berfungsi sebagai stadion air terbuka. Perairan di hadapan Pantai Losari kerap digunakan sebagai arena perlombaan jetski, balapan perahu tradisional jolloro dan katinting, atau menjadi titik transit relly perahu layar tradisional sandeq dan yacht. Karena letaknya di sebuah teluk, perairan Losari adalah arena ideal karena relatif tak berombak besar.

Sebenarnya ada tiga anjungan yang direncanakan, yaitu Pelataran Bahari, Pelataran Bugis-Makassar, dan Pelataran Toraja-Mandar. ini juga di simbolkan dengan empat suku besar yang ada di Sulawesi Selatan. Seluruhnya areal ini dibangun dengan reklamasi. Saat ini baru Pelataran Bahari yang sudah selesai. Sementara dua pelataran lainnya masih dalam proses pembangunan.

Sementara itu sepanjang kawasan pantai losari adalah istana kuliner yang besar. Tepatnya di Kawasan Laguna, puluhan kafe berjajar menyediakan berbagai makanan dan minuman. Ada pula restoran dengan menu utama aneka makanan laut (sea food). Atau bisa juga menikmati jajanan tradisional pisang epe, pisang bakar dengan kelapa dan saus gula merah.

Hotel-hotel juga banyak berdiri di kawasan Pantai Losari. Beberapa di antaranya berkualifikasi bintang empat plus. Menawarkan keindahan panorama laut dengan suguhan pelayanan yang mewah.

Lokasi Obyek
Pantai Losari merupakan kawasan di pesisir Kota Makassar. Letaknya di dalam kota, hanya sekitar tiga kilometer dari pusat Kota Makassar (Lapangan Karebosi).

Akses ke Lokasi
Pantai Losari sangat mudah diakses. Bisa dengan angkutan kota atau taksi.
Pantai Losari, Pantai Nan Elok di Kota Makassar Pantai Losari, Pantai Nan Elok di Kota Makassar Reviewed by Massaputro Delly TP. on Minggu, Maret 20, 2011 Rating: 5

1 komentar:

  1. tolong infomasinya mengenai photo losari siapa yg photo ya.....saya mau beli photonya bisa ngga ya. feed back : ferry@kinaryaproductions.com atau nmr telpon 08176410003 (ferry) ditggu kabar secepatnya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
close