Dalam Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Pekan Produk Kreatif
Indonesia (PPKI) Tahun 2012 yang diselenggarakan pada tanggal 5-6 Juli
2012 bertempat di Hotel Amos Cozy Jakarta, disampaikan juga Rencana Penyelenggaraan Pekan Produk Kreatif Indonesia Tahun 2012 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif:
SEJARAH PEKAN PRODUK KREATIF INDONESIA
Kegiatan PPBI diubah menjadi PPKI sebagai wujud dukungan pada Tahun Indonesia Kreatif.
- Pekan Produk Budaya Indonesia (PPBI) 2007
"Bunga Rampai Produk Budaya Indonesia untuk Dunia”
Awal dukungan Pemerintah dalam pengembangan ekonomi kreatif
- Pekan Produk Budaya Indonesia (PPBI) 2008
“Warisan Budaya Bangsa Inspirasi Kebangkitan Ekonomi Kreatif Indonesia”
Peluncuran Cetak Biru Ekonomi Kreatif Indonesia
- Pekan Produk Budaya Indonesia (PPBI) 2009
Tahun Indonesia Kreatif
- Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2010
Peluncuran Portal indonesiakreatif.net
- Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2011
Panggung Indonesia Kreatif dengan bekerjasama dan berkolaborasi dari lebih dari 20 komunitas kreatif dan lebih dari 100 pelaku kreatif
TEMA UTAMA
Mentransformasikan talenta kreatif lokal menjadi wirausaha kreatif tingkat dunia“KREATIVITAS INDONESIA Mengguncang Dunia”
OUTCOME
1. CREATIVE MOVEMENT
- PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KETERLIBATAN PELAKU DAN MASYARAKAT UNTUK MENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF INDONESIA
2. CREATIVE NETWORK
- PENINGKATAN KOMITMEN, SINERGI, DAN KOORDINASI UNTUK MEMAJUKAN KESEJAHTERAAN RAKYAT DENGAN MEMANFAATKAN JEJARING KREATIF INDONESIA DAN MEMBUKA PELUANG ENTITAS (DIRI SENDIRI MAUPUN ENTITAS BISNIS) UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSINYA DI BIDANG KREATIF.
3. CREATIVEPRENEUR
- PENCIPTAAN INSAN INDONESIA YANG KREATIF DAN DIBEKALI DENGAN KEMAMPUAN KEWIRAUSAHAAN SEHINGGA KREATIVITAS MEMILIKI NILAI TAMBAH YANG BERSIFAT PRODUKTIF.
KONSEP
- “Showcase” talenta dan produk lokal yang berhasil dengan cara yang menyenangkan (fun) dan menarik (appealing)
- Mengedukasi dan mendorong unjuk kreatif dengan pendekatan yang lebih menghibur (entertaining approach)
- Dimana masyarakat dapat:
- Bermain
- Belanja
- Makan
- Menikmati
- Belajar
TARGET PENGUNJUNG : 100.000 orang
RUANG LINGKUP
15 Subsektor Industri Kreatif
- Permainan Interaktif
- Penerbitan dan Percatakan
- Arsitektur
- Fesyen
- Musik
- Kerajinan
- Film Video dan Fotografi
- Pasar dan barang Seni
- Seni Pertunjukkan
- Layanan Komputer dan Piranti lunak
- Periklanan
- Desain
- Kuliner
- Televisi dan Radio
- Riset dan Pengembangan
KEGIATAN PPKI 2012
PROGRAM UTAMA
- KONVENSI
- PAMERAN
- GELAR BUDAYA
PANCA WAHANA KREATIF
- GELANGGANG RIANG
- ATRIUM KREASI
- TAMAN WAWASAN
- BALAI SANTAI
- PUJASERA NUSANTARA
A. GELANGGANG RIANG
Apa hal yang paling kita ingat semasa kanak-kanak? Bermain bersama teman-teman? Menghabiskan waktu dengan bersenang-senang? Gelanggang Riang akan membawa kita semua kembali ke ingatan masa kecil melalui berbagai permainan hasil kreasi anak-anak muda berbakat Indonesia.
1. AJANG PAJANG
- Area pameran permainan dari studio game. Serta komunitas pencinta game
2. SAUNG INTERAKTIF
- Pengunjung dapat berinteraksi dengan berbagai permainan yang ditawarkan di berbagai booth.
3. SASANA LOMBA
- Ajang kompetisi game selama PPKI berlangsung
4. GERAI BELANJA
B. ATRIUM KREASI
- FASHION SHOW // FASHION BLOGGER TALK // LELANG // PELUNCURAN BUKU // LOMBA BELANJA // GROUP BUYING
C. PUJASERA NUSANTARA
Sebagai negeri yang terbentang sejauh ribuan kilometer dari ujung barat Sumatera hingga ujung timur Papua, Indonesia memiliki banyak kekayaan yang tersembunyi, yaitu makanan khas dari masing-masing daerah. Diberkahi tanah yang subur, rempah-rempah hasil bumi Nusantara diracik sedemikian rupa untuk menghasilkan berbagai hidangan menggugah selera. Kebanggaan akan ragam citarasa asli Indonesia tersaji lengkap di Pujasera Nusantara.
1. DAPUR RACIK
- LOKAKARYA KULINER // MASAK BARENG // KONTES DESAIN MASAKAN // FOOD BLOGGER TALK
2. WARUNG SELERA
- Makanan Tradisional, Makanan Pilihan, Food Race,
- Kitchen musical
D. BALAI SANTAI
Indonesia dikenal sebagai salah satu tujuan wisata, liburan dan bersantai paling beragam di dunia. Keindahan alam dan eksotisme budayanya memang tidak pernah habis untuk dinikmati, dihargai dan disyukuri. Di Balai Santai, para jawara seni budaya Tanah Air akan tampil menghibur para pengunjung yang ingin bersantai, melalui alunan musik, gerak, serta tampilan visual yang memukau.
1. PANGGUNG BAHANA
- Layar Tancap, Aksi Musik, Pertunjukan Seni
2. PENTAS AKSI
- LIVE CASTING // LIVE SHOOTING // MEET & GREET // FLASH MOB //RED CARPET
E. TAMAN WAWASAN
Sebagaimana cita-cita mulia Ki Hajar Dewantara ketika membangun Taman Siswa, kali ini Taman Wawasan dihadirkan sebagai pusat bertemunya rasa ingin tahu dan pengetahuan untuk dibagikan bersama. Semua pemangku kepentingan akan berkumpul jadi satu, mulai dari penggiat industri, pemasar, komunitas, hingga para pelaku usaha kecil menengah.
1. POJOK LOKAKARYA:
- Lokakarya (Rencana bisnis kreatif, ekspor, pembiayaan, manajemen usaha, pendirian badan usaha), Diskusi HKI, Anjungan Pendidikan, Klinik Konsultasi, Forum Ekonomi Kreatif, Anjungan Pembiayaan
2. SERAMBI BISNIS:
- Temu Bisnis (Bambu Rotan, Film & Animasi), Temu Duta Besar
3. MIMBAR KOMUNITAS
4. SEMINAR INTERNASIONAL
KONSEP PPKI 2012
KONVENSI
- Mimbar Komunitas
- Pojok Lokakarya
- Lokakarya Ekspor
- Garap Ide
- Diskusi HKI
- Bincang Kreadiktif
- Forum Ekonomi Kreatif
- Anjungan Pendidikan
- Klinik Konsultasi
- Anjungan Pembiayaan
- Serambi Bisnis
- Temu Bisnis (Rotan Bambu, Film & Animasi
- Temu Duta Besar
- Seminar Internasional
PAMERAN
- Ajang Pajang
- Saung Interaktif
- Sasana Lomba
- Gerai Belanja
- Atrium Kreasi
- Fashion Show
- Fashion Blogger Talk
- Lelang
- Peluncuran Buku
- Lomba Belanja
- Group Buying
GELAR KREATIVITAS
- Dapur Racik
- Lokakarya Kuliner
- Masak Bareng
- Kontes Desain Masakan
- Food Blogger Talk
- Warung Selera
- Makanan Tradisional
- Makanan Pilihan
- Food Race
- Kitchen Musical
- Panggung Bahana
- Layar Tancap
- Aksi Musik
- Pertunjukan Seni
- Pentas Aksi
- Live Casting
- Live Shooting
- Meet & Greet
- Flash Mob
- Red Carpet
Kriteria Peserta PPKI
- Individu atau kumpulan yang berbentuk badan usaha ataupun non badan usaha yang berdomisili di Indonesia.
- Memiliki produk ataupun jasa yang termasuk dalam salah satu dari 15 subsektor ekonomi kreatif: Arsitektur; Desain; Fesyen; Film, Video & Fotografi; Kerajinan; Layanan Komputer & Piranti Lunak; Musik; Pasar Seni dan Barang Antik; Penerbitan dan Percetakan; Periklanan; Permainan Interaktif; Riset dan Pengembangan; Seni Pertunjukan; Televisi dan Radio; Kuliner.
- Produk atau jasa tersebut diutamakan memiliki konten yang mengandung kearifan dan kekayaan budaya lokal, ataupun bersifat mempromosikan talenta serta sumber daya kreatif Indonesia
- Bersedia untuk berperan aktif dalam membantu mempromosikan PPKI 2012 ke berbagai media internal (baik online maupun offline), komunitas, maupun ke dalam karya-karya yang akan diikutsertakan di dalam rangkaian acara PPKI 2012.
- Bersedia untuk berperan aktif dalam menyumbangkan acara, atau pun berpartisipasi di dalam rangkaian acara PPKI 2012.
- Bersedia untuk dicantumkan nama produk atau jasanya di dalam segala bentuk materi promosi dan publikasi PPKI 2012.
- Memiliki produk/karya yang meraih penghargaan atau menjadi pemenang lomba bertaraf internasional.
Sumber:
- Rapat Koordinasi Dalam Rangka Persiapan Penyelenggaraan Pekan Produk Kreatif Indonesia Tahun 2012
Rencana Penyelenggaraan Pekan Produk Kreatif Indonesia Tahun 2012
Reviewed by Massaputro Delly TP.
on
Jumat, Juli 06, 2012
Rating:
bagaimana caranya untuk ikut jadi peserta PPKI 2012?
BalasHapus