Sekilas tentang Pekan Produk Kreatif Indonesia dan Pekan Produk Kreatif Daerah

Dalam Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) Tahun 2012 yang diselenggarakan pada tanggal 5-6 Juli 2012 bertempat di Hotel Amos Cozy Jakarta, disampaikan latar belakang, tujuan, sasaran dan strategi PPKI, disampaikan oleh Bapak Suyud Winarno, Asisten Deputi Kebudayaan pada Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat. Berikut pemaparan beliau.

PEKAN PRODUK KREATIF INDONESIA 
DAN PEKAN PRODUK KREATIF DAERAH


LATAR BELAKANG
  1. Era globalisasi membuka peluang dan permintaan pasar yg besar thd produk budaya
  2. Produk budaya perlu diberdayakan agar menjadi salah satu kekuatan ekonomi nasional yg handal utk menghadapi ekonomi gelombang keempat (ekonomi kreatif)
  3. Utk mengembangkan ekonomi kreatif perlu keterpaduan ide, seni dan teknologi, pengembangan produk ekonomi berbasis budaya
  4. PPKI 2012 merupakan penyelenggaraan yang ke-6,  sejak th 2007.
  5. Presiden pada pembukaan PPBI 2008 menyatakan agar pameran ini diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun, yang diharapkan dapat menjadi akselerator bagi pengembangan ekonomi kreatif berbasis produk warisan budaya.
  6. Tindak lanjut Inpres No. 6 Tahun 2009 Tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif.
  7. Dgn. dicanangkannya thn 2009 sbg Thn. Indonesia Kreatif, PPKI diarahkan untuk menyajikan 14 bidang ekonomi kreatif yang disumbang oleh inovasi teknologi.
  8. PPKI 2009 berbasis Information    Technology (software, animasi, printing-publishing, design packaging and advertising), musik dan film.
  9. PPKI 2010, selain fokus pada IT juga Eco Friendly Creative product (produk kreatif ramah lingkungan).
  10. PPKI 2011 berbasis IT dan busana muslim.
  11. PPKI 2012 berbasis musik dan animasi.

TUJUAN
  1. Mengembangkan Ekonomi Kreatif berbasis budaya Indonesia;
  2. Mempromosikan aneka ragam keindahan dan keunggulan produk budaya Indonesia;
  3. Menciptakan ajang pertukaran pengetahuan, pengalaman, informasi, konsultasi, edukasi, promosi, dan transaksi produk budaya Indonesia;
  4. Meningkatkan komitmen, sinergi dan keterpaduan langkah para pemangku kepentingan dalam mengembangkan usaha produk budaya Indonesia sebagai kekuatan ekonomi nasional yang handal

SASARAN
  1. Insan kreatif dengan pola pikir dan moodsetkreatif
  2. Industri kreatif yg unggul di pasar dalam & luar negeri, dengan peran dominan wirausahawan lokal
  3. Teknologi yang mendukung penciptaan kreasi dan terjangkau oleh masyarakat Indonesia
  4. Pemanfaatan bahan baku dalam negeri secara efektif bagi industri di bidang ekonomi kreatif
  5. Masyarakat yang menghargai HKI dan mengkonsumsi produk kreatif lokal
  6. Tercapainya tingkat kepercayaan yang tinggi oleh lembaga pembiayaan terhadap industri di bidang kreatif sebagai industri yang menarik

STRATEGI
  1. Cakupan PPKI sangat luas  mempunyai peluang  tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  2. PPKI terdiri 3  kegiatan utama : pameran, konvensi/seminar, dan gelar seni budaya. 
  3. Materi pameran meliputi 14 bidang  ekonomi kreatif berbasis budaya dengan pengembangan inovasi dan kreativitas, baik dalam hal difersifikasi produk, desain, teknik pembuatan, kemasan, pemasaran maupun keterlibatan tenaga kerja.
  4. PPKI merupakan wahana untuk pengembangan ide, kreativitas dan pemikiran berbagai anak bangsa yang dapat memotivasi, memacu dan mendorong timbulnya ekonomi kreatif.
  5. Ekonomi kreatif akan semakin berkembang bila dirancang dan dikemas dengan sentuhan teknologi informasi, shg dpt menjadi kekuatan ekonomi yang handal dan dapat bersaing di pasar internasional.
  6. Pengembangan ekonomi kreatif tidak hanya terpusat di Jawa saja, melainkan ke seluruh daerah di Indonesia.

14 Sub-sektor Ekonomi Kreatif
  1. Periklanan
  2. Arsitektur
  3. Pasar seni dan barang antik
  4. Kerajinan
  5. Desain
  6. Fashion (mode)
  7. Film, Video, Fotografi
  8. Permaianan interaktif
  9. Musik
  10. Seni pertunjukan
  11. Penerbitan dan percetakan
  12. Layanan komputer dan piranti lunak
  13. Radio dan Televisi 
  14. Riset dan pengembangan

SISTEM SELEKSI:
  1. Sistem seleksi peserta dan standart kualitas masing-masing sektor menjadi tg jwb kurator di setiap K/L terkait.
  2. Sistem seleksi diawali dengan penilaian terhadap produk/hasil karya ekonomi kreatif terbaik sesuai dengan kekhasan/keunggulan di masing-masing daerah yang digelar dalam event Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD)

HARAPAN PPKI KE DEPAN :
  • sebagai muara (outlet) dari berbagai karya kreatif Indonesia;
  • sebagai ajang pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan produsen, kemampuan SDM, kualitas dan nilai tambah produk;
  • meluaskan pasar dan meningkatkan budaya kreatif masyarakat

PENYELENGGARA PPKI 2012

Pilar Koordinasi yang kuat 15 Kementerian dan Lembaga
  1. Kemenko Kesra
  2. Kemendagri
  3. Kemenlu
  4. Kemenperin
  5. Kemendag
  6. Kemenbudpar
  7. Kemendikbud
  8. Kemenkum-HAM
  9. Kemenkominfo
  10. Kemen KUKM
  11. Kemen BUMN
  12. Kemen Ristek
  13. Dekranas
  14. Yayasan KADIN
  15. Pemprov DKI Jakarta

PPKI DAERAH :  
  • Pemerintah Provinsi
  • Pemerintah Kab/Kota

RENCANA PPKI 2012
  1. Semua K/L tetap komitmen mendukung suksesnya PPKI 2012
  2. Alokasi anggaran utk PPKI 2012 sudah ada di DIPA masing-masing K/L
  3. PPKI 2012 diselenggarakan di Jakarta, sekitar bln Oktober 2012
  4. Logo PPKI 2012 : Gambar Tokoh Wayang Bima
  5. PPKI 2012 terdiri 3 kegiatan utama : Pameran, Konvensi/Seminar, dan Gelar Seni Budaya
  6. Tema PPKI 2012 :”Yang Muda Yang Berkreasi”

HAL – HAL BARU/KHUSUS DI PPKI 2012
  1. Diharapkan: PPKI 2012 harus lebih berkualitas dengan memiliki daya tarik yang spektakuler dan bergairah.
  2. Bertujuan: Memberikan ruang kreativitas yang ceria bagi generasi muda untuk mengaktualisasikan kreativitasnya sebagai pelaku aktif tidak sekedar menjadi penonton.
  3. Mengapa generasi muda?
  • Jumlah remaja/generasi muda: 62.049.590 jiwa, atau 26,11% dari jumlah penduduk 237.641.326 jiwa (sensus penduduk 2010; 15 - 29 th)
  • Minimnya ruang/kesempatan bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi dan kreativitasnya
  • Memberikan kesempatan generasi muda pada ketersediaan kegiatan-kegiatan positif (pengembangan kreativitas sesuai minat dan bakat)

Fokus: Kreativitas Generasi Muda
  1. Bentuk Pelaksanaan: Stan khusus kreativitas remaja, Festival-festival kreativitas remaja yg dilombakan, Seminar/workshop penumbuhan kreativitas, Pelatihan singkat kreativitas bersama praktisi berpengalaman, 
  2. Sebagai ajang pembelajaran generasi muda dalam menumbuhkan jiwa kreatif dan mengembangkan produk kreatif yang memiliki nilai tambah
  3. Sasarannya adalah remaja secara umum, sekolah-sekolah, komunitas remaja kreatif
  4. Lingkup Perlibatan remaja tidak semata terkait ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga terkait dengan desain dan seni/art
  5. Dukungan instansi: dihrpkan Kemendikbud, Kemenpora & Kemenkominfo

PEKAN PRODUK KREATIF DAERAH (PPKD)
  1. Kekayaan budaya dan kreativitas masyarakat Indonesia tersebar di seluruh wilayah nusantara, maka sejak tahun 2011, PPKI juga dilaksanakan di daerah dengan nama Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD).
  2. Pemprov DKI Jaya telah sukses menggelar PPKD 2011, dan  PPKD 2012
  3. Pemprov bekerja sama dgn K/L ataupun dinas-dinas di wilayah masing-masing yang ditunjuk dalam Inpres 6/2009 tentang PEK diharapkan menjadi motor penggerak utama dari penyelenggaraan PPKD.
  4. Penyelenggaraan PPKI daerah (PPKD 2012) diharapkan memfokuskan kegiatannya untuk menggali dan mempromosikan berbagai kreativitas masyarakat di daerahnya masing2 serta mengadakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kemampuan SDM, kemampuan produsen serta meluaskan pasar karya kreatif di daerahnya masing2
  5. Setiap Pemprov. diharapkan dapat mengkoordinasi semua kabupaten/kota di wilayahnya untuk mendorong terciptanya berbagai karya kreatif berdasarkan keunggulan SDM, kekayaan alam serta budaya setempat. 
  6. PPKI daerah 2012 diharapkan akan melahirkan berbagai karya dan juara di berbagai sektor yang kemudian akan dilombakan lebih lanjut di tingkat nasional di PPKI  2013.
  7. PPKD 2012 selain untuk menumbuhkan dukungan dan mendorong pihak produsen (supply side) diharapkan juga mampu untuk meningkatkan tumbuhnya pasar domestik untuk menyerap berbagai karya kreatif lokal (demand side).
  8. Sesuai dengan yang tertuang dalam Inpres 6/2009, maka PPKD 2012 juga diharapkan dapat mendorong tumbuhnya berbagai teknologi pendukung yang dibutuhkan oleh berbagai karya kreatif dalam meningkatkan kualitas produk serta nilai tambah yang dapat dipetik.

PELAKSANAAN PPKD 2012
  1. PPKD dilaksanakan oleh Pemprov. untuk mempromosikan dan mendorong terciptanya berbagai karya kreatif di wilayah kabupaten/kota sesuai dengan keunggulan SDM, kekayaan alam serta budaya yang dimilikinya.
  2. PPKD dibiayai sepenuhnya oleh pihak Pemerintah Provinsi dengan dukungan semua unsur di wilayahnya masing2.
  3. PPKD 2012 diharapkan berlangsung selama 3 – 4 hari, seyogyanya dilaksanakan sebelum pelaksanaan PPKI, karena masing2 keunggulan/yg terbaik di PPKD akan tampil di PPKI tingkat nasional.

KEGIATAN PPKD 2012

PAMERAN
  • untuk mempromosikan berbagai karya kreatif di daerah masing2 serta mendorong minat masyarakat pada karya kreatif dalam negeri (meningkatkan pasar dan budaya kreatif dalam negeri)

LOMBA & PENJURIAN
  • untuk mendorong motivasi masyarakat agar ingin tampil menghasilkan berbagai karya kreatif dan agar tercipta berbagai juara baru di setiap sektor.

ACARA PANGGUNG (PERFORMANCE)
  • untuk mendorong minat masyarakat pada berbagai pagelaran budaya lokal serta mendorong berkembangnya seni panggung di seluruh nusantara

TALKSHOW
  • Utk sosialisasi dan mengajak seluruh komponen masyarakat dalam meningkatkan kreativitas berdasarkan keunggulan SDM, kekayaan alam serta budaya setempat.


SEMINAR & WORKSHOP
  • Utk menumbuhkan kemampuan pelaku di bidang kreatif dlm menghasilkan berbagai karya kreatif dan meningkatkan nilai tambah serta meningkatkan berbagai dukungan yang dibutuhkan dalam mengembangkan pasar dan budaya kreatif

PEMUTARAN FILM
  • Utk mendidik dan meningkatkan minat seluruh masyarakat terhadap film nasional yang bermutu dlm mengembangkan karakter dan sikap positif dlm membangun bangsa

MOTIVATOR & DONGENG DAERAH
  • Utk menghidupkan kembali berbagai cerita, legenda dan dongeng setempat di mana masyarakat dapat memetik banyak pelajaran yang berguna dalam mengembangkan karakter dan sikap positif dlm membangun negara

ATRAKSI JALANAN 
  • Utk menghidupkan kembali berbagai atraksi jalanan sebagai hiburan dan pendidikan masyarakat luas (grass root)

HARAPAN PPKD :
  1. Perlu didorong terjadinya pemerataan pengembangan SDM Kreatif di beberapa daerah di seluruh Indonesia.
  2. Perlu didorong terjadinya peningkatan jumlah pelatihan formal di bidang ekonomi kreatif di beberapa daerah.
  3. Perlu didorong terjadinya peningkatan jumlah wirausaha/insan-insan kreatif di seluruh Indonesia. 
  4. Perlu peningkatan sumber daya intelektual sebagai pelaku utama dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif termasuk aspek manajerialnya.
  5. Perlu peningkatan sumberdaya manusia, alam, dan budaya (kearifan lokal) sebagai obyek utama dalam pengembangan ekonomi kreatif.
  6. Perlu fasilitasi kegiatan-kegiatan yang mendorong lahirnya insan-insan kreatif baru.
  7. Perlu didorong peningkatan SDM yang memanfaatkan bahan baku.
  8. Perlu digali potensi kreativitas manusia sbg insan pelaku ekonomi kreatif

NET WORKING
  1. Perlu kerjasama dengan semua pihak dalam melakukan pemetaan lumbung-lumbung kreatif di beberapa daerah.
  2. Perlu dibangun sinergitas kebijakan dan program antara pemerintah, dunia usaha, akademisi dan masyarakat dalam PEK untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 
  3. Peningkatan penggunaan teknologi melalui kemitraan dengan lintas sektor.
  4. Perlu dibangun jejaring kerja/kemitraan dengan berbagai pihak baik dari dalam dan luar negeri antara lain melalui media data base, twitter, facebook, dll.
  5. Pengembangan data base ekonomi kreatif yang didukung dengan sentuhan teknologi informasi.
  6. Perlu dikembangkan pembangunan jejaring pemasaran dengan distributor, agen-agen penjualan dll untuk memperluas pemasaran

HARAPAN
  1. Semua K/L diharapkan tetap komitmen dlm mendukung PPKI dan PPKD
  2. Semua pihak diharapkan mampu mendorong bergeraknya ekonomi kreatif masyarakat yang berbasis produk budaya.
  3. PPKI dan PPKD diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan bangsa yg akhirnya dpt memberikan andil signifikan thd upaya Pembangunan Manusia Indonesia.

Sumber:  
  • Rapat Koordinasi Dalam Rangka Persiapan Penyelenggaraan Pekan Produk Kreatif Indonesia Tahun 2012
Sekilas tentang Pekan Produk Kreatif Indonesia dan Pekan Produk Kreatif Daerah Sekilas tentang Pekan Produk Kreatif Indonesia dan Pekan Produk Kreatif Daerah Reviewed by Massaputro Delly TP. on Jumat, Juli 06, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
close