Bersepeda Harus Memenuhi Persyaratan, Ini Aturannya!



Sepeda yang beroperasi di jalan harus memenuhi persyaratan keselamatan, diantaranya harus memiliki spakbor, bel, sistem rem, lampu, alat pemantul cahaya berwarna merah, alat pemantul cahaya roda berwarna putih atau kuning, dan pedal.

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda Di Jalan. Ditandatangani oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada tanggal 14 Agustus 2020. Namun baru dilakukan sosialisasi pada tanggal 14 September 2020 setelah dilakukannya pengundangan dalam Berita Negara.


Sepeda, dalam aturan ini diartikan sebagai kendaraan tidak bermotor yang dilengkapi dengan stang kemudi, sadel, dan sepasang pedal yang digunakan untuk menggerakkan roda dengan tenaga pengendara secara mandiri. 

Selain itu, dalam Pasal 5 disebutkan bahwa sepeda yang dioperasikan di jalan harus berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Nah, bagaimana yang impor punya?

Permenhub ini juga mengatur apabila bersepeda di malam hari di jalan harus menyalakan lampu dan menggunakan pakaian dan/atau atribut yang dapat memantulkan cahaya. Kemudian menggunakan alas kaki dan mematuhi tata cara berlalu lintas.


Disebutkan pula pesepeda dilarang untuk dengan sengaja membiarkan sepeda ditarik oleh kendaraan bermotor dengan kecepatan yang membahayakan keselamatan, mengangkut penumpang, kecuali sepeda dilengkapi dengan tempat duduk penumpang di bagian belakang sepeda. Kemudian dilarang menggunakan atau mengoperasikan perangkat elektronik seluler saat berkendara, kecuali dengan menggunakan piranti dengar.

Larangan juga berlaku dalam menggunakan payung saat berkendara, berdampingan dengan kendaraan lain kecuali ditentukan lain oleh rambu lalu lintas, serta berkendara dengan berjajar lebih dari 2 (dua) sepeda.

Bersepeda Harus Memenuhi Persyaratan, Ini Aturannya! Bersepeda Harus Memenuhi Persyaratan, Ini Aturannya! Reviewed by Massaputro Delly TP. on Jumat, September 18, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
close