Nonton Konser Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19 Berkarya Di JIS Sih Asik-Asik Saja, Yang Penting Persiapan Matang

Sesi Foto Setelah Penukaran Tiket H-1

Penukaran Tiket H-1

Setelah diundur pada akhir 2022, Konser Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19 Berkarya di Jakarta International Stadium (JIS) akhirnya di gelar pada 4 Februari 2023. Penukaran tiket dilakukan pada 2-3 Februari 2023. Ini adalah cerita singkatku tentang konser tersebut.

Dimulai dengan penukaran tiket pada 3 Februari 2023, tidak ingin berdesak-desakan bila penukaran tiket dilakukan pada hari H. Oleh karena itu, lebih baik sehari sebelumnya karena lokasi penukaran tiket masih di JIS, sedangkan pada hari H dilakukan di Lapangan Parkir Barat JIEXPO Kemayoran. Lokasi ini juga akan menjadi kantong parkir saat konser berlangsung.

Oh ya, beli kaos resmi konsernya dulu sebagai kenang-kenangan dan dikenakan besok hari biar tambah seru.

Mencari Lokasi Parkir

Setelah tiket di dapat, selanjutnya adalah tanya-tanya lokasi parkir yang dekat dengan JIS. Bila nantinya parkir di Kemayoran masih terlalu jauh dan pasti akan bermasalah nantinya (dan benar saja pada hari H). Cari informasi dengan panitia yang berjaga saat penukaran tiket didapat informasi bahwa seluruh area parkir di dalam JIS akan digunakan panitia dan VIP, sehingga pengunjung umum tidak akan diizinkan masuk saat hari konsernya. 

Ada beberapa alternatif di dekat JIS yang bisa digunakan untuk parkir R4, yaitu halaman sekolah, tepi jalan di samping JIS, area pertokoan di dekat pintu masuk suttle bus JIS, dan ada lahan kosong di depan JIS.

Berdasarkan informasi tersebut, sembari meninggalkan JIS berkeliling sekitar JIS untuk memantau secara langsung alternatif parkir untuk besok harinya.  

Saat akan memasuki pengecekan memasuki JIS

Datang Lebih Awal Hari-H

Tidak ingin berjubel dan ingin menyaksikan konser secara penuh termasuk band atau penyanyi pembuka, datang lebih awal menjadi pilihannya. Info yang di dapat bahwa Stadion akan dibuka pukul 15.00 WIB dan konser akan dimulai pukul 17.00 WIB untuk penyanyi/band pembuka, sedangkan Dewa 19 sendiri dijadwalkan tampil pukul 19.30 WIB.

Selepas dhuhur berangkatlah dari kawasan Tangerang menuju JIS, begitu sampai Kemayoran sekitar pukul 13.30 WIB tetap memantau alternatif parkir kendaraan yang ada. Hingga lokasi JIS belum terlihat kepadatan pengunjung, masih aman terkendali hingga akhirnya dapat parkir kendaraan di lahan kosong depan JIS sehingga tidak perlu jauh berjalan kaki, terlihat bahwa kendaraan yang sudah berada di lokasi pun masih sedikit. Aman dah!

Setelah parkir dengan aman, selanjutnya menuju lokasi cek tiket memasuki JIS. Lokasinya berada di dekat suttle bus, ternyata sudah cukup banyak juga yang sedang antri. Walau begitu masih terlihat tertib dan rapih tidak berdesak-desakan. Pengecekan tiket melalui gelang yang digunakan serta pengecekan barang bawaan dengan sasaran adanya barang bawaan yang tidak diperkenankan ikut masuk di area konser berlangsung.

Para penonton akan diarahkan sesuai warna gelang yang digunakan menuju pintu masuk JIS. Sesuai info awal pintu masuk akan dibuka pukul 15.00 WIB, antrian di setiap pintu masuk sudah banyak orang walau belum di buka. Cukup lama menunggu di sini, akhirnya baru pukul 15.30 WIB pintu gerbang dibuka, maka berhamburan para penonton memasuki area lapangan tengah JIS. Ya, karena sesuai tiket kelas festival A berada di pinggir panggung.

Menikmati Full Konser

Hingga pukul 17.00 WIB saat penyanyi pembuka tampil (Mulan Jameela) para penonton belum terlalu ramai, kursi tribun masih terlihat lenggang, termasuk di tengah lapangan untuk kelas festival pun belum terlalu padat. Menjelang magrib baru suasana stadion semakin bergemuruh dipadati penonton.

Satu demi satu lagu pun dikumandangkan oleh penampilan Dewa 19 hingga berakhir sekitar jam 10 malam lebih. Puas juga setelah sekian lama tidak menyaksikan konser secara langsung, terakhir nonton konser Gun's & Roses di GBK.

Pulang Konser

Panitia menyampaikan bahwa jumlah penonton di JIS mencapai 75 ribu orang, luar biasa. Untuk pengaturan keluar stadion panitia mengarahkan bahwa penonton di kelas festival untuk menahan diri tidak keluar dulu, memprioritaskan penonton yang berada di tribun. Yah diikuti saja, sekitar jam 11 baru baru penonton kelas festival A beranjak keluar stadion.

Lautan manusia dan kendaraan berjubel di luar stadion, tampak kepadatan dimana-mana. Jangankan kendaraan, orang pun susah bergerak dengan cepat. Maklum lah ribuan orang bergerak secara bersamaan di satu lokasi.

Sesampainya di parkiran mobil pun belum bisa langsung keluar, sambil menunggu surutnya antrian digunakan istirahat sejenak melemaskan kaki-kaki setelah berdiri lama berjam-jam. Baru sekitar jam 12 tengah malam dapat meninggalkan JIS dengan aman dan lancar.


Saat menanti konser di mulai

Alhamdulillah Sukses Nontonnya

Walaupun banyak yang mengeluhkan tentang penampilan Dewa 19 di JIS, terutama kondisi stadion dan pernak-perniknya. Alhamdulillah semua dapat dilalui dengan aman, terkendali dan lancar. Terpenting memang sudah persiapan sematang mungkin, mulai dari penukaran tiket, mencari lokasi parkir, hingga penuh kesabaran saat selesainya konser.

Nonton konser atau pertunjukan dengan ribuan orang bukan kali ini saja, termasuk nonton pertandingan bola di stadion. Pengalaman inilah yang harus membuat persiapan segala sesuatunya sebaik mungkin. Satu lagi, walau persiapan sudah dilakukan sebaik mungkin, persiapkan diri juga terhadap hal-hal yang akan terjadi, perbanyak sabar dan mental, fisik juga tetunya.

Selamat berjumpa pada konser berikutnya!
Nonton Konser Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19 Berkarya Di JIS Sih Asik-Asik Saja, Yang Penting Persiapan Matang Nonton Konser Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19  Berkarya Di JIS Sih Asik-Asik Saja, Yang Penting Persiapan Matang Reviewed by Massaputro Delly TP. on Sabtu, Mei 06, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
close